Tabel Interaktif Dashboard Dengan Excel 2016 (2. Option Button & Group Box)

Option button merupakan tombol pilihan yang hanya dapat dipilih salah satu saja contoh seperti pilihan jenis kelamin laki-laki atau wanita sedangkan group box akan di gunakan untuk mengelompokan beberapa tombol control.

Studi kasus
kita mempunyai rumah makan yang menyediakan beberapa paket jika dipilih salah satu paket akan menapilkan keterangan isi dari paket tersebut.

  • Paket Hemat 1 : Nasi+Ayam+Es Teh
  • Peket Hemat 2 : Nasi+Ayam+Es Teh+Puding
  • Paket Hemat 3 : Nasi+Telor+Esteh
Penyelesaian Kasus
pada menu ribbon Developer>insert>Form Control>option Buttom kemudian rubah nama/label option button dengan nama paket menu di atas dengan cara klik kanan option button > Edit Text, untuk merubah posisi option button bisa tahan tombol Crtl pada keyboard dan klik option button yang ingin di pindahkan.

setiap option button sebenernya memiliki nilai yang berbeda option button1 bernilai 1 option button2 bernilai 2 dan seterusnya nah untuk menampilkan nilai tersebut klik kanan option button > format control> control, agar tidak ada yang terpilh pertama kali pada value pilih unchecked kemudian pada Cell Link terserah letakan dimana aja nilai dari option button yang ingin di tampilkan contoh cell I2.


untuk mengisi harga dan keterangan cel A10 dan B10 pada gambar di atas kita mengunakan nilai yang option button tadi di tampilkan pada cell I2, jadi ketika kita klik option button maka akan tampil secara otomatis harga dan keterangan sesuai dengan paket yang di pilih.

Pada cell A10 ketikan fungsi =VLOOKUP(I2;G3:J6;4)
Pada Cel B10 ketikan fungsi =VLOOKUP(I2;G3:J6;3)

Group Box

seperti yang saya terangkan di atas setiap option button mempunyai nilai 1,2,3 dan seterusnya jika kita ingin membuat dua kategori option button dalam satu sheet contoh kategori option button paket makanan seperti diatas dan  kita tambahkan option button Bonus maka kita harus mengelompokan option button berdasarkan kategori yang kita inginkan sehingga nilai setiap option yang kita buat berbeda antara group option button paket makanan dan bonus.

Pada kasus yang telah kita selesaikan di atas kita kelompokan terlebih dahulu semua option button dengan nama Paket Makanan dengan klik developer>Group Box kemudian arahkan ke option button yang telah kita buat sampai tertutup semua kemudian rubah nama group dengan paket makanan.

kemudian kita buat tiga option button lagi dengan nama Bonus 1,2 dan 3 letak kan cell linknya di I9 kemudian kita tutup option button tersebut dengan dengan group box seperti di atas.






No comments:

Powered by Blogger.